PT Aneka Tambang Tbk cq Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (“ANTAM) mengucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan dan membeli produk ANTAM. ANTAM berkomitmen memberikan kualitas layanan kepada pelanggan yang diwujudkan dengan menghormati dan melindungi data pribadi tiap-tiap pelanggan ANTAM (“Pelanggan ANTAM”). Perkenankan kami untuk menyampaikan informasi perihal “Kebijakan Privasi” yang perlu dipahami oleh Pelanggan ANTAM. Kami memahami bahwa Pelanggan ANTAM sangat beragam, maka guna memberikan pilihan sesuai kenyamanan dan kemudahan bagi masing-masing Pelanggan ANTAM, kami menyajikan Kebijakan Privasi dalam 3 (tiga) bentuk: 1) naratif; 2) infografis; dan 3) panduan audio visual (dilengkapi panduan dalam bahasa isyarat).
Kemudian, agar kami dapat terus memberikan pelayanan yang baik dengan tetap mengedepankan keamanan data pribadi Pelanggan ANTAM, kami meminta Pelanggan ANTAM dan/atau wali Pelanggan ANTAM untuk memberikan persetujuan terhadap hal-hal sebagai berikut:
Saya telah membaca Kebijakan Privasi yang disampaikan oleh ANTAM, dan dengan demikian saya menyetujui pemrosesan data pribadi saya untuk tujuan-tujuan tertentu sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi.
Saya bersedia menerima informasi terkait produk, layanan, penawaran khusus,dan promosi dari ANTAM
KEBIJAKAN PRIVASI
I. KETENTUAN UMUM A. DefinisiPelanggan ANTAM adalah orang perseorangan yang kepadanya melekat Data Pribadi, yang mengakses layanan Aplikasi ANTAM dan/atau melakukan transaksi (baik penjualan atau pembelian) melalui: a)
Kanal Penjualan Resmiadalah kanal penjualan yang disediakan oleh ANTAM bagi pelanggan ANTAM untuk melakukan transaksi penjualan dan/atau pembelian kembali, baik secara elektronik atau nonelektronik atas produk ANTAM, melalui: a. Butik Emas Logam Mulia; b) pameran di mal atau lokasi lainnya (informasi waktu dan lokasi pameran dapat diakses melalui logammulia.com); c) Aneka Tambang Gold Machine; d) logammulia.com; e) brankaslm.com, dan kanal penjualan melalui sistem elektronik dan/atau non elektronik lainnya yang telah/akan disediakan oleh ANTAM.
Pemrosesan Data Pribadi adalah aktivitas yang dilakukan ANTAM dalam memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menyimpan, memperbaiki, memperbarui, menampilkan, mengumumkan, mentransfer, mengungkapkan, menghapuskan, dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pelanggan.
Aplikasi adalah seluruh website dan aplikasi (desktop atau mobile) termasuk namun tidak terbatas pada brankaslm.com, logammulia.com, dan mobile Apps ANTAM Logam Mulia yang dimiliki oleh ANTAM dan affiliasinya.
Kami berkomitmen untuk melindungi dan menghormati privasi Pelanggan ANTAM, oleh karenanya kami menyusun Kebijakan Privasi ini agar Pelanggan ANTAM dapat memahami alasan kami dalam mengumpulkan Data Pribadi dan bagaimana Data Pribadi tersebut akan kami proses. Demikian, silakan pahami Kebijakan Privasi ini dengan cermat.
C. Alamat Perusahaan dan Gerai PenjualanKantor Pusat ANTAM beralamat resmi di Gedung Aneka Tambang Tower A, Jl. Letjen. T.B. Simatupang No. 1, Lingkar Selatan, Tanjung Barat, Jakarta 12530. Sementara itu, kanal penjualan resmi ANTAM (Butik Emas Logam Mulia untuk selanjutnya disebutBELM”) dapat ditemukan di lokasi-lokasi sebagai berikut[1]:
Jabodetabek
1. BELM Graha Dipta Gedung Graha Dipta, Jl. Pemuda No.1 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta 13250. 2. BELM Gedung ANTAM Gedung Aneka Tambang, Lantai 1, Jl. Letjen. T.B. Simatupang, No.1 Lingkar Selatan, Tanjung Barat, Jakarta 12530. 3. BELM Setiabudi One Gedung Setiabudi 2, Lt. 1 Suite 102A, Jl. H.R. Rasuna Said Kav 62, Kuningan, Jakarta Selatan. 4. BELM SerpongSumarecon Serpong, Ruko Financial Center Blok BA2/002, Jl. Gading Serpong Boulevard, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang, Banten, 15810.
Jawa Barat BELM Bandung Graha Pos Indonesia, Jl. Banda No. 30, Kel. Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40115. Jawa Tengah 1. BELM Semarang Ruko Duta Pertiwi Mall, Jl. Pemuda, No. 150 Blok A Kav.A/7 Sekayu, Semarang, Jawa Tengah 50132. 2. BELM Yogyakarta Jl. Laksda Adisucipto 26, Gondokusuman, Demangan, Yogyakarta 55221. Jawa Timur 1. BELM Surabaya 1 Darmo Jl. Raya Darmo No. 37 Keputran, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241. 2. BELM Surabaya PakuwonRuko Puncak Bukit Golf Unit RBK. Jl. Bukit Darmo Boulevard No. 1, Kel. Pradah Kalikendal, Kec. Dukuh Pakis, Surabaya, Jawa Timur, 60226.
Bali BELM Bali Jl. Gatot Subroto Tengah No. 80 Kav. No.7, Kel. Dangin Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Denpasar, Bali 80234. Kalimantan BELM BalikpapanJl. Jend. Sudirman, Balikpapan Super Block (BSB), Blok A-3 dan A-5 RT 16, Kel. Damai Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur 76114.
Sumatera 1. BELM Medan Komplek Centre Point, Jl. Timor, Blok M No. 04, Medan, Sumatera Utara, 20231. 2. BELM Palembang Ruko PTC Mall Blok G5 Jl. R Sukamto 8 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan, 30164. 3. BELM Pekanbaru Jl. Tuanku Tambusai No. 318 A&B, Kel. Labu Baru Timur, Kec. Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau 28292. Sulawesi BELM Makassar Jl. Sam Ratulangi, No. 60, Makassar, Sulawesi Selatan 90122. Kontak layanan Pelanggan ANTAM: Surel: [email protected] II. KETENTUAN PEMROSESAN DATA PRIBADI A. Pemerolehan dan Pengumpulan Data PribadiInformasi dan/atau Data Pribadi yang dikumpulkan dari Pelanggan ANTAM akan menyesuaikan dengan layanan yang digunakan oleh Pelanggan ANTAM dan bergantung pada jenis transaksinya. Secara umum, informasi dan/atau Data Pribadi yang dikumpulkan dilakukan melalui sistem elektronik atau non-elektronik, serta dapat berupa:
Data identitas diri, meliputi username (pada Aplikasi), password (pada Aplikasi), nama lengkap, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)/Tax Identification Number (TIN), dokumen keimigrasian, nama alias/panggilan, kewarganegaraan, agama, rekaman suara, rekaman gambar, foto, bentuk tanda tangan (basah dan/atau elektronik), data biometrik tempat da,n tanggal lahir, jenis kelamin, pekerjaan, kebangsaan, status perkawinan, agama, ras, dan/atau foto, dan lain-lain.
Data identitas pejabat organisasi non perseorangan (dalam hal transaksi B2C dilakukan oleh perwakilan): nama; jabatan; alamat kantor; nomor telepon kantor.
Data transaksi, meliputi transaksi pembelian dan/atau penjualan di melalui seluruh kanal penjualan resmi ANTAM, antara lain: 1) Butik Emas Logam Mulia; 2) ATGM; 3) logammulia.com; 4) Brankas LM, dan kanal penjualan melalui sistem elektronik dan/atau non elektronik lainnya yang telah/akan disediakan oleh ANTAM (“Kanal Penjualan Resmi”) dalam bentuk seperti: faktur pembelian, Penawaran Harga (PH), data pemesanan produk custom, rincian mengenai pengambilan dan/atau pengiriman barang, dan lain-lain.
Data keuangan, meliputi data penghasilan/pemasukan/pendapatan, data rekening bank, dan lain-lain.
Data pembayaran, meliputi bukti pembayaran atas transaksi, rincian pembayaran, metode pembayaran, rincian tagihan, dan rincian faktur.
Data korespondensi, meliputi alamat sesuai KTP, alamat dan status domisili, alamat surat elektronik (email), nomor telepon/handphone, dan kontak darurat yang mencakup nama, jenis hubungan, alamat, nomor telepon/ponsel, dan email;
Data pendidikan dan pekerjaan, meliputi tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, bidang usaha, jabatan, tahun mulai bekerja/usaha, nama perusahaan/instansi tempat bekerja, alamat tempat bekerja, dan status kepegawaian,;
Data keluarga, meliputi status perkawinan, nama pasangan, jumlah anak, dan jumlah tanggungan;
Data preferensi pribadi, meliputi preferensi komunikasi, hobi, dan minat.
Data perangkat (khusus transaksi melalui Aplikasi): informasi perangkat yang digunakan, meliputi perangkat yang terhubung (seperti model dan produsen), informasi perangkat lunak (seperti sistem operasi dan versi perangkat lunak), nomor IMEI, pengenal perangkat unik lainnya (seperti kode negara seluler, kode jaringan seluler, alamat MAC, alamat IP, nomor seri, rekaman akses, cookie, informasi langganan, aktivitas Aplikasi di perangkat, interaksi Aplikasi dengan aplikasi lain di perangkat, dan pengaturan perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi.
Data teknis (khusus transaksi di Aplikasi), meliputi rincian tentang penggunaan oleh Aplikasi oleh Pelanggan ANTAM, seperti identifikasi yang dihasilkan oleh Aplikasi (user ID), alamat protokol internet (IP), data halaman web yang dilihat sebelumnya atau sesudahnya, durasi setiap kunjungan/sesi, identitas perangkat internet, dan lain-lain.
Data catatan (log) (khusus transaksi di Aplikasi), meliputi catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis browser, dan lain-lain.
Data lokasi (khusus transaksi di Aplikasi), meliputi data lokasi geografis Pelanggan ANTAM.
Sehubungan dengan pemerolahan dan pengumpulan Data Pribadi di atas, ANTAM dapat mengumpulkan Data Pribadi secara langsung melalui Pelanggan ANTAM, dan/atau melalui pihak ketiga dan/atau affiliasi ANTAMselaku mitra kerja ANTAM, misalnya ketika Pelanggan ANTAM menghubungi layanan pelanggan melalui call center, Whatsapp ANTAM Logam Mulia Virtual Assistant (ALMIRA), media sosial ANTAM, dan lain-lain).
B. Pengolahan dan Penganalisaan Data PribadiSebagaimana telah dijelaskan pada bagian A - Pemerolehan dan Pengumpulan Data Pribadi, ANTAM mungkin perlu mengolah dan menganalisa Data Pribadi yang telah kami kumpulkan dari Pelanggan untuk tujuan sebagai berikut:
1. Pelayanan TransaksiDalam konteks pelayanan transaksi, ANTAM perlu mengolah dan/atau memproses Data Pribadi Pelanggan ANTAM untuk hal-hal sebagai berikut:
a. Pembuatan faktur penjualan. b. Pengidentifikasian dan pembuatan akun Pelanggan ANTAM pada sistem penjualan di ANTAM. c. Mengelola akun Pelanggan ANTAM (memverifikasi, menonaktifkan, dan/atau membuat perubahan) sesuai permintaan. d. Memberitahukan status pesanan atau transaksi Pelanggan ANTAM melalui notifikasi dalam Aplikasi. e. Mengolah, memproses, menyelesaikan dan menanggapi keluhan, permasalahan, pertanyaan, dan saran yang diterima dari Pelanggan ANTAM. f. Melakukan pemeliharaan, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Pelanggan ANTAM. 2. Survei/Riset Pasar dan Aktivitas Pemasaran Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi Pelanggan, ANTAM mungkin melakukan survei dan/atau riset pasar untuk memahami/mengetahui hal-hal sebagai berikut:a. Melakukan survey/riset pasar melalui metode penelitian kuantitatif dan/atau kualitatif untuk mendapatkan gambaran tentang di antaranya: pendapat Pelanggan ANTAM tentang citra merek ANTAM, preferensi lokasi pembelian Pelanggan, metode pembelian (offline/online), produk yang disukai, kualitas layanan, dan lain-lain
b. Mengukur tingkat kepuasan pelanggan atas produk dan layanan ANTAM. c. Memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis Pelanggan ANTAM, termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Aplikasi. d. Mengirimkan informasi kepada Pelanggan ANTAM tentang iklan, produk baru, lokasi pameran, promosi khusus, program loyalty, survei pelanggan, peluncuran produk atau layanan (jika ada), dan lain-lain. e. Memproses dan mengelola reward points bagi Pelanggan ANTAM. 3. Prinsip Mengenali PelangganDalam rangka pelaksanaan kewajiban berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dalam kaitannya dengan pemenuhan kepentingan yang sah ANTAM sebagai pelaku usaha berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, ANTAM (dalam kondisi tertentu) akan menjalankan prosedur Know Your Customer/KYC dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Verifikasi BiometrikApabila Pelanggan ANTAM menggunakan Aplikasi, ANTAM perlu menganalisa dokumen identitas yang sah (KTP dan/atau lainnya) dan foto liveness untuk memastikan bahwa foto atau gambar wajah Pelanggan ANTAM yang diambil berasal dari individu yang hidup (real time) dan bukan dari gambar statis, video, atau manipulasi lainnya.
b. Verifikasi Profil Pelanggan Menganalisa data pekerjaan dan penghasilan Pelanggan ANTAM untuk memastikan keabsahan identitas dan sumber dana yang jelas. c. Pemantauan TransaksiANTAM akan memantau transaksi Pelanggan ANTAM secara berkala untuk mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan. Contoh aktivitas mencurigakan dapat meliputi namun tidak terbatas pada:
i) Transaksi anomali: Misalnya, transfer dana dalam jumlah besar yang tidak sesuai dengan profil keuangan Pelanggan ANTAM. ii) Transaksi inkonsisten: Misalnya, transaksi berulang dalam waktu singkat dengan jumlah besar. C. Penyimpanan Data Pribadi ANTAM perlu menyimpan Data Pribadi Pelanggan ANTAM untuk periode waktu tertentu dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1. Jangka WaktuData Pribadi Pelanggan ANTAM hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulannya dan/atau selama penyimpanan tersebut diwajibkan atau diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Sebagai contoh: i) ANTAM memiliki kewajiban hukum untuk menyimpan dokumen data pendukung administrasi keuangan yang merupakan bagian dari bukti pembukuan selama jangka waktu 10 tahun berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan; ii) ANTAM mungkin dapat terlibat dalam proses penegakan hukum berkaitan dengan status ANTAM sebagai pelaku usaha berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan oleh karenanya ANTAM perlu menyimpan dokumen-dokumen tertentu seperti dokumen transaksi yang memuat Data Pribadi Pelanggan ANTAM selama jangka waktu 30 tahun sesuai dengan jangka waktu daluarsa berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
2. Mekanisme PenyimpananANTAM dapat menyimpan Data Pribadi Pelanggan ANTAM (dalam bentuk elektronik dan/atau nonelektronik) secara mandiri atau dengan melibatkan pihak ketiga yang ditunjuk secara sah dan dengan memperhatikan prinsip pelindungan data pribadi sesuai Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.
D. Pengungkapan Data PribadiANTAM mungkin perlu membagikan, mengirimkan, mentransfer sebagian atau seluruh Data Pribadi Pelanggan ANTAM (“Pengungkapan Data Pribadi”) kepada pihak ketiga (pemegang saham, affiliasi, mitra kerja, lembaga negara, dan/atau pihak lainnya) baik di dalam dan/atau luar negeri. Secara umum, Pengungkapan Data Pribadi dilakukan untuk memenuhi tujuan dan dilakukan dalam kondisi sebagai berikut:
1. Survei dan/atau riset pasarData Pribadi Pelanggan ANTAM dapat diungkapkan kepada konsultan bisnis dan/atau penyedia jasa kegiatan pendukung pemasaran sebagaimana dimaksud bagian B - Pengolahan dan Penganalisaan Data Pribadi.
2. Pemantauan Transaksi Data Pribadi Pelanggan ANTAM dapat diungkapkan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam hal: a. terdapat transaksi paling sedikit atau setara dengan Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah); atau b. terdapat transaksi keuangan mencurigakan yang terkait tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme.Pengungkapan Data Pribadi dalam kondisi ini merupakan kewajiban hukum ANTAM berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan Peraturan PPATK Nomor 2 Tahun 2021 Tata Cara Penyampaian Laporan Transaksi dan Laporan Transaksi Keuangan mencurigakan Melalui Aplikasi GOAML Bagi Penyedia Barang dan/ atau Jasa Lain.
3. Penyelesaian Proses HukumData Pribadi Pelanggan ANTAM dapat diungkapkan kepada lembaga/aparat penegak hukum dalam rangka penyelesaian proses hukum suatu perkara perdata dan/atau pidana, termasuk lembaga yang menangani dan menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dan konsumen.
4. Pengawasan oleh Lembaga NegaraData Pribadi Pelanggan ANTAM dapat diungkapkan kepada lembaga negara yang mengawasi kegiatan usaha ANTAM sebagai berikut: i) lembaga yang melakukan pengawasan terhadap sistem elektronik; ii) lembaga yang melakukan pengawasan terhadap transaksi elektronik dan/atau nonelektronik; iii) lembaga yang melakukan pengawasan terhadap keuangan negara; iv) lembaga yang melakukan pengawasan terhadap perdagangan; dan/atau v) lembaga negara lainnya yang menjalankan fungsi pengawasan secara umum.
III. RINGKASAN TUJUAN PEMROSESAN DATA PRIBADIBerdasarkan hal-hal yang telah dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini, Pelanggan ANTAM perlu memahami (secara ringkas) bahwa pada prinsipnya ANTAM akan melakukan kegiatan Pemrosesan Data Pribadi untuk tujuan-tujuan spesifik sebagai berikut:
Dalam rangka pelayanan transaksi penjualan dan/atau pembelian kembali produk ANTAM melalui seluruh Kanal Penjualan Resmi, ANTAM akan mengumpulkan Data Pribadi Pelanggan ANTAM melalui bentuk dokumen elektronik dan/atau non elektronik yang disediakan oleh ANTAM untuk diisi/dilengkapi secara mandiri oleh Pelanggan ANTAM. Pengumpulan Data Pribadi dapat juga dilakukan dengan dengan mengolah dokumen seperti: KTP, SIM, NPWP, rekening tabungan, dan/atau dokumen lainnya, ataupun melalui penyampaian/keterangan Pelanggan ANTAM secara lisan.
Dalam rangka keperluan survei dan/atau riset pasar, pemrofilan, promosi, pemasaran, penawaran, pelayanan, pengiriman, dan kegiatan lainnya sebagai upaya ANTAM dalam menyediakan produk, layanan, keamanan, dan pengalaman yang lebih baik bagi Pelanggan ANTAM, ANTAM akan mengolah, menganalisa, dan/atau mengungkapkan sebagian dan/atau seluruh Data Pribadi Pelanggan ANTAM (yang telah dikumpulkan oleh ANTAM) kepada pihak ketiga dan/atau kepada afiliasi ANTAM.
Dalam rangka pemenuhan kepentingan yang sah secara hukum dan/atau pemenuhan kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan, ANTAM mungkin perlu mengumpulkan, mengolah dan/atau menganalisa, menyimpan, dan/atau mengungkapkan sebagian dan/atau seluruh data pribadi saya (yang telah dikumpulkan oleh ANTAM) kepada pihak tertentu.